Beragam Masalah Pada Water heater, Cara mengatasi, dan Rekomendasi Jasa Service di Malang

water heater malang

Memiliki seperangkat water heater di rumah bisa menjadi sumber kenyamanan tersendiri. Saat musim penghujan yang dingin, saat badan kurang sehat, mandi dengan air hangat tanpa harus memasak air, tentu lebih praktis dan mudah. Namun yang namanya alat, bisa saja terjadi kendala. Jika Anda memiliki alat ini, atau sedang berencana memasang water heater di rumah, pahami dulu masalah pada water heater dan cara mengatasinya, supaya nanti tidak kebingungan.

Manfaat Memiliki Water heater


Mandi air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya badan jadi lebih bersih, pori-pori bisa benar-benar bersih dari kotoran, melancarkan peredaran darah, meredakan stres, menyehatkan jantung. Mandi air hangat juga membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Sayangnya, untuk sekedar mandi air hangat kita harus memasaknya. Jika ingin cepat, memasang perangkat water heater adalah solusinya.
Memiliki water heater kini bukan lagi tergolong gaya hidup mewah. Soalnya perangkat pemanas air ini sudah semakin banyak versi dan merek dengan harga terjangkau. Apa lagi jika Anda memilih Solar Water heater dimana sumber energinya adalah sinar matahari. Pemasangannya tak perlu bingung karena sudah banyak jasa pasang water heater. Misalnya jasa pasang pemanas air Malang, untuk Anda yang berdomisili di Malang dan sekitarnya.

Jenis-jenis Water heater yang Beredar di Indonesia


Sebelum membahas masalah pada water heater, ada baiknya kita kenli dulu berbagai jenisnya. Beda jenis water heater pasti beda permasalahan dan penangannyan. Water heater sendiri tersedia dalam berbagai jenis di pasaran. Berdasarkan sumber tenaganya, pemanas air ada beberapa jenis.


  1. Gas Water heater, water heater bertenaga gas elpiji (BBG).
  2. Electric Water Heater yang sangat familiar karena memanfaatkan listrik PLN untuk mengoperasikannya.
  3. Solar Water Heater, pemanas air ini memanfaatkan sinar matahari untuk membangkitkan listriknya.
  4. Aircon Water Heater, pemanas air yang cukup unik karena memanfaatkan energi panas pada unit outdoor AC untuk memanaskan tangki airnya.
  5. Heat Pump Water Heater, pemanasi ini memanfaatkan refrigerant yang dipanaskan menggunakan tekanan kompresor.
  6. Boiler Water Heater, alat untuk memanaskan air yang memanfaatkan solar untuk menghidupkan mesinnya dan memanaskan air hingga titik didih. Jenis pemanas ini jarang beredar di masyarakat umum karena memang kapasitasnya besar dan ditujukan untuk pabrik, perusahaan, hotel ataupun rumah sakit.
  7. Solar Rubber Pool Heating. Seperti namanya, pemanas ini digunakan untuk menghangatkan air di kolam renang dengan panas matahri sebagai sumber energi. Bedanya dengan solar water heater hanya pada penangkap panas yang memafaatkan panel karet tahan chlor. Pemanas ini tidak menggunakan tangki tapi langsung kolam renang sebagai tempat sirkulasinya.


Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada Water Heater

service water heater malang


Seperti diungkap sebelumnya, beda jenis water heater, beda pula permasalahannya. Beberapa kerusakan ataupun masalah yang terjadi biasanya seperti berikut ini.

  1. Permasalahan Gas Water Heater
    Tidak bekerja sama sekali. Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek baterainya. Apakah masih normal ataukha harus diganti. Mungkin juga posisinya kurang tepat. Cek juga gas elpiji apakah masih atau memang harus ganti dengan yang baru. Cek juga bagian tekanan air pada inlet apakah cukup kuat.
  2. Permasalahan Pada Electric Water Heater
    Pemanas air tenaga listrik ini punya beragam masalah. Di antaranya ialah
    - Air tidak panas setelah pemasangan. Coba cek apakah electric heater sudah terpasang, MCB sudah tersambung, pengaturan thermostat sudahkah tepat, dan apakah elctric heater-nya normal?
    - Sambungan sudah betul, tapi air tidak panas. Kemungkinan paling umum adalah adanya kebocoran pipa. Bisa juga thermostat-nya rusak, atau jumlah air yang melebihi kapasitas.
    - Air Hanya sedikit yang keluar, atau justru macet. Kemungkinannya adalah tidak berfungsinya non-return valve, pipa tersumbat kotoran, ataupun tekanan air terlalu rendah.
  3. Pada Solar Water Heater, kemungkinan masalah bisa sama dengan umumnya electric water heater. Namun karena memanfaatkan solar panel surya, ada juga risiko kerusakan atau gangguan pada panelnya.
  4. Pada Aircon Water Heater, permasalahan yang sering terjadi tak jauh beda. Hanya saja karena pemanas air ini punya hubungan dengan AC, maka kendala-kendala yang berkaitan dengan AC bisa mempengaruhi kinerjanya. Sebagai pemanas air yang memanfaatkan refrigrant AC, pemanas air ini tergolong paling hemat dan tanpa biaya tambahan.
  5. Heat Pump Water Heater pun memiliki permasalahan. Di antaranya adalah heat pump tidak hidup. Sumber masalahnya bisa karena tidak ada listrik, sekering putus, kabel yang longgar, atau karena kompresor yang rusak.
Masalah lain misalnya kipas dan kumparan tidak bekerja sempurna. Sumber masalahnya bisa karena aliran udara kurang tepat, atau pengaturan parameter defrost-nya kurang pas.

Bila kondisioner bekerja tapi panasnya kurang, sumber masalah bisa dari kondnsor yang kotor, sirkulasi udara kurang lancar, atau kekurangan refrigerant.

Water Heater Rusak? Jangan Ambil Risiko, Serahkan Pada Ahlinya


Sebagai peralatan rumah tangga, water heater dengan segala jenisnya tentu sesekali mengalami gangguan. Baik sifatnya ringan, sedang, hingga rusak berat. Untuk kerusakan ringan Anda bisa membenahinya sendiri tanpa harus memanfaatkan jasa servis water heater.
Beberapa kerusakan ringan yang bisa diatasi sendiri misalnya masalah sekering putus, refrigerant kurang, atau penyumbatan pada pipa. Misalnya lagi pada gas water heater, soal penggantian baterai dan tabung gas tentu adalah hal ringan yang bisa dilakukan sendiri.
Namun jika sudah termasuk hal berat, misal sudah memeriksa berbagai komponen ringan, tapi tetap tidak berfungsi, maka jangan ambil risiko. Lebih baik serahkan pada ahlinya. Apalagi sekarang sudah banyak jasa pasang dan servis pemanas air. Misalnya untuk area Malang dan
sekitarnya, serahkan saja kepada jasa servis water heater Malang. Nah, jangan ragu lagi untuk memiliki dan memasang pemanas air di rumah Anda. Mandi lebih nyaman, badan sehat, namun tetap hemat.


Jangan ragu untuk menghubungi kami, kami siap melayani berbagai macam keluhan serta kebutuhan Air dingin dan Air panas anda. Tukang Pasang Water Heater Malang, Murah Bergaransi 1 tahun

Hubungi Amin

Hp : 085 104 732 552 (Telp/SMS/WA)
FB : https://www.facebook.com/sang.surya.33234
Alamat : Jl. Bandulan Baru no 227 kec. Sukun - Kota Malang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Pasang dan Service Water Heater Pemanas Air Malang Terpercaya Bergaransi

Panduan Memasang dan mengganti Pematik Api (Pulse Igniter) Water Heater Gas